Jumat, 02 Mei 2008

Pengiriman Tiga Tengkorak Manusia ke Inggris Digagalkan

TANGERANG (SINDO) – Petugas Bea dan Cukai Bandara Internasional Soekarno-Hatta berhasil menggagalkan upaya pengiriman tiga paket tengkorak manusia dari Denpasar, Bali ke Yorkshire, Inggris melalui pos, 24–26 April lalu.

Kepala Seksi Penyidikan dan Penindakan Bea dan Cukai Bandara Soekarno- Hatta Eko Darmanto mengatakan, benda-benda itu dikirimkan melalui pos ke kargo Bandara Soekarno-Hatta. ”Setelah diperiksa dengan mesin x-ray, paket pengiriman yang tertulis kerajinan kayu itu mencurigakan para petugas. Setelah dibuka, ternyata berisi tengkorak,” kata Eko Darmanto kemarin.

Tengkorak manusia tersebut ditaruh dalam ember plastik yang dilapisi spons dan kertas koran. Tengkorak tersebut berwarna kecokelatan dengan batok kepala telah diukir layaknya benda seni untuk pajangan. Di bagian geraham dipasang ikatan dari rotan. ”Tengkorak ini sepertinya untuk dijadikan koleksi,” lanjutnya.

Mendapati itu, aparat Bea dan Cukai langsung berkoordinasi dengan Dinas Purbakala DKI Jakarta. Pasalnya, kata Eko, barangbarang tersebut dikhawatirkan merupakan benda purbakala yang memiliki nilai sejarah. Dinas Purbakala melakukan penelitian selama seminggu dan terbukti bahwa benda itu tengkorak asli manusia.

”Namun dari hasil penelitian Dinas Purbakala, benda itu bukanlah benda purbakala. Meski bukan benda bersejarah, benda ini merupakan benda larangan,” tegasnya. Untuk itu proses selanjutnya, Bea dan Cukai menyerahkan kasus ini ke polisi. Nantinya, polisi yang menentukan ada pelanggaran atau tidak.

”Jika memang ada pelanggaran, si pengirim dapat dikenai Pasal 180 KUHP yang ancaman kurungan penjara selama setahun,” tegasnya. Kepala Kantor Bea dan Cukai Bandara Soekarno-Hatta Rahmat Subagyo mengatakan, benda-benda yang akan dikirim ke luar negeri seluruhnya masuk ke Bea dan Cukai Soekarno-Hatta untuk diperiksa. ”Kita yang melakukan pemeriksaan terhadap seluruh benda yang akan dikirim,” tandasnya. (denny irawan)

puteriku

puteriku
Meidin Nazma Luthfiny

------tentang saya-------------

Foto saya
Saya adalah anak pertama dari tiga orang bersaudara,yakni Devie Indriyanti dan Galang Syifa Rachmadi. Orang tua saya berasal dari Jawa Barat tepatnya Sumedang. Ayah Saya bernama Chasli Sutisna dan Bunda saya Siti Nurjamilah. Sedangkan Istri tercinta bernama Revieta.

Albert Einstein

Albert Einstein
Albert Einstein (14 Maret 1879–18 April 1955) adalah seorang ilmuwan fisika teoretis yang dipandang luas sebagai ilmuwan terbesar dalam abad ke-20. Dia mengemukakan teori relativitas dan juga banyak menyumbang bagi pengembangan mekanika kuantum, mekanika statistik, dan kosmologi. Dia dianugerahi Penghargaan Nobel dalam Fisika pada tahun 1921 untuk penjelasannya tentang efek fotoelektrik dan "pengabdiannya bagi Fisika Teoretis".

-

Selamat Datang di Blog Denny Irawan

Arsip Blog