Senin, 25 Februari 2008

Janda Irwin akan Tangkap Buaya Raksasa


sumber: Kompas.com

JAKARTA, SENIN - Janda "pemburu buaya" yang tersohor (alm) Steve Irwin, Terry Irwin, akan menangkap buaya raksasa yang telah memangsa manusia di Meulaboh Aceh. Buaya yang akan ditangkap itu tergolong buaya air asin atau buaya muara (Crocodylus porosus) dan termasuk jenis buaya paling buas.
Terry Irwin dan rombongannya tiba di Indonesia dan diterima Direktur Taman Safari Indonesia (TSI), Tony Sumampau. Menurut Tony, Terry Irwin datang ke Indonesia antara lain untuk membantu menangkap buaya di sebuah sungai di Meulaboh, Aceh, yang telah memangsa manusia.
"Di sungai itu diperkirakan ada tiga ekor buaya raksasa, salah satunya sudah ditangkap. Buaya yang sudah tertangkap itu berukuran panjang 520 cm dan telah berusia sekitar 80 tahun," kata Tony di Bogor, Minggu (24/4).
Menurut Terry Irwin, buaya yang tertangkap di Meulaboh tersebut adalah jenis buaya muara yang ganas. "Dia bisa memangsa manusia, apalagi ukuran tubuhnya sudah sedemikian besar," katanya.
Di Aceh, Terry bersama rombongan juga akan memberikan pelatihan singkat tentang teknik mengetahui lokasi-lokasi yang ada buaya dan menghindari kemungkinan dimangsa buaya.Kalau di sungai, sudah ditangkap seekor buaya, kata dia, bukan berarti sungai itu sudah bebas dari buaya, karena buaya lainnya bisa datang juga ke sungai itu. "Karena itu, masyarakat hendaknya mempelajari kebiasaan dan perilaku buaya, untuk menghindari kemugkinan dimangsa," kata Terry.
Dijelaskan oleh Terry, buaya adalah makhluk hidup yang sudah ada di dunia sejak sekitar enam juta tahun lalu. Di dunia, ada 22 jenis buaya, 16 di antaranya sudah terancan punah. "Dari seluruh jenis buaya, yang paling berbahaya adalah buaya air asin atau buaya muara. Jenis buaya itu yang berada di sungai di Meuleboh Aceh," katanya.
Menurut dia, buaya muara bisa memangsa manusia yang berada di sungai. Guna menghindari kemungkinan dimangsa buaya, manusia harus mengetahui ilmu buaya serta lokasi yang ada buaya diberi papan peringatan. "Buaya itu tidak begitu saja langsung menyerang manusia, tapi ia mempelajari dulu kebiasaan manusia. Karena itu, manusia yang diserang buaya adalah yang sering beraktivitas di sungai, seperti mandi dan mencuci," katanya.
Sedangkan lokasi yang menjadi hunian buaya, kata dia, umumnya adalah air yang dalam, arusnya tidak deras, serta keruh. "Sebenarnya, buaya bisa hidup di air tawar ataupun air asin. Buaya bisa berenang sampai jauh, dari air asin ke air tawar atau sebaliknya. Buaya juga suka berjemur dan pintar melakukan kamuflase," katanya.

puteriku

puteriku
Meidin Nazma Luthfiny

------tentang saya-------------

Foto saya
Saya adalah anak pertama dari tiga orang bersaudara,yakni Devie Indriyanti dan Galang Syifa Rachmadi. Orang tua saya berasal dari Jawa Barat tepatnya Sumedang. Ayah Saya bernama Chasli Sutisna dan Bunda saya Siti Nurjamilah. Sedangkan Istri tercinta bernama Revieta.

Albert Einstein

Albert Einstein
Albert Einstein (14 Maret 1879–18 April 1955) adalah seorang ilmuwan fisika teoretis yang dipandang luas sebagai ilmuwan terbesar dalam abad ke-20. Dia mengemukakan teori relativitas dan juga banyak menyumbang bagi pengembangan mekanika kuantum, mekanika statistik, dan kosmologi. Dia dianugerahi Penghargaan Nobel dalam Fisika pada tahun 1921 untuk penjelasannya tentang efek fotoelektrik dan "pengabdiannya bagi Fisika Teoretis".

-

Selamat Datang di Blog Denny Irawan

Arsip Blog