Selasa, 26 Februari 2008

Hampir Seluruh Jalan di Tangerang Rusak Parah

TANGERANG (SINDO)-Pemkab Tangerang mengakui dari 1.200 kilometer jalan diwilayahnya hampir seluruh jalannya mengalami kerusakan parah. Kerusakan ituterjadi merata dihampir seluruh kecamatan se-Kabupaten Tangerang.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Bina Marga Kabupaten Tangerang Hermansyahmengatakan, kerusakan jalan saat ini bertambah parah karena cuaca yang buruk. “Wahbukan rusak lagi sekarang, tetapi amburadul semua karena hujan yang terusmengguyur badan jalan,”ucapnya saat dihubungi melalui telepon, kemarin. Namun,saat ditanya lebih jauh Hermansyah mengaku dirinya sedang berada di jalan sehinggatidak dapat menjawab seluruh pertanyaan. “Silahkan ke pak Akip soal pertanyaanlainnya,” kata Hermansyah. Kepala Bidang Perencanaan Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Tangerang Akip Syamsudinmengatakan, dari 1200 kilometer jalan se-Kabupaten Tangerang hampir seluruhnyarusak. Untuk memperbaiki jalan-jalan tersebut dikatakannya lebih dari Rp1 triliun.

Misalkan untuk membangun kembali jalan strategis yang panjangnya mencapai 318kilometer, dana yang dibutuhkan lebih dari Rp1 triluin.”Sebab jalan strategistidak bisa dibangun dengan model hotmix, harus dibeton agar bisa bertahan sekitar10 tahunan,” kata Akip. Saat ditanya berapa usia jalan yang rusak, Akip mengaku ada yang umurnya 3 hingga6 bulan, namun ada juga yang sudah mencapai 2 tahun. “Air adalah salah satupenyebabnya, sedangkan penyebab lainnya karena berat kendaraan yang melintasijalan melebih tonase jalan,” tegasnya. Jalan Strategis yang dimaksud terdiri dari 33 ruas jalan, seperti Jalan RayaSerpong, Cikupa, Pasar Kemis dan Mauk. Jalan yang paling parah, kata dia, adalahJalan Raya Dewi Sartika, di Ciputat dan Jalan Raya Cisauk dekat Stasiun Cisauk.

Sedangkan sisanya dari 1.200 kilometer, yakni 882 adalah jalan pelayanan. Berbedadengan jalan strategis, jalan pelayanan, kata Akip,. masih bisa diakali denganjalan model hotmix dan paving blok. “Untuk penggunaan model paving blok, syaratnyajalan itu tidak tergenang air.Kalau tergenang kita harus menggunakan hotmix agartinggi,” tegasnya. Untuk mengurangi beban perbaikan, Pemkab Tangerang akan meminta pertanggungjawaban dari para kontraktor pemenang tender di masing-masing ruas jalan. “Bagiyang baru menyelesaikan proyek sekitar 3-6 bulan akan kita mintai tanggung jawabperawatan jalan, untuk itu kita menahan sisa dana proyek sebesar 5 persen darinilai proyek,” katanya. Nilai proyek pada jalan-jalan itu, kata dia, berbeda-beda,dari Rp50 juta-Rp5 miliar. Hasil penelusuran SINDO di sejumlah jalan seperti diRajeg, Cisauk, Pamulang dan Ciputat selain jalan banyak yang berlubang dan berbatujuga digenangi air. Beberapa diantara jalan tersebut juga tampak sedang akandiperbaiki.

Menanggapi hal itu, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Tangerang Arif Wahyudi mengatakan,sepertinya pejabat di Kabupaten Tangerang kurang mengerti soal aspal, sehinggatidak bisa dibohongi kontraktor jalan. Sebab menurutnya, jika dibandingkan dengandaerah lain, misalkan perbatasan antara Kabupaten dan Kota Tangerang aspal di Kotalebih kuat dibandingkan aspal di jalan Kabupaten. “Saya juga bukan orang tekhnikyang mengerti, tetapi kok terasa sekali kualitasnya beda. Jadi jangan main betonsaja, selidiki dulu kualitas aspalnya,” katanya. Kontraktor sendiri menurutnya, tidak bisa disalahkan sepenuhnya banyak kontraktoryang mesubkan proyek setelah menang tender. “Yang terpenting adalahpengawasannya,” tandas Arif. (denny irawan)

puteriku

puteriku
Meidin Nazma Luthfiny

------tentang saya-------------

Foto saya
Saya adalah anak pertama dari tiga orang bersaudara,yakni Devie Indriyanti dan Galang Syifa Rachmadi. Orang tua saya berasal dari Jawa Barat tepatnya Sumedang. Ayah Saya bernama Chasli Sutisna dan Bunda saya Siti Nurjamilah. Sedangkan Istri tercinta bernama Revieta.

Albert Einstein

Albert Einstein
Albert Einstein (14 Maret 1879–18 April 1955) adalah seorang ilmuwan fisika teoretis yang dipandang luas sebagai ilmuwan terbesar dalam abad ke-20. Dia mengemukakan teori relativitas dan juga banyak menyumbang bagi pengembangan mekanika kuantum, mekanika statistik, dan kosmologi. Dia dianugerahi Penghargaan Nobel dalam Fisika pada tahun 1921 untuk penjelasannya tentang efek fotoelektrik dan "pengabdiannya bagi Fisika Teoretis".

-

Selamat Datang di Blog Denny Irawan

Arsip Blog