Selasa, 18 Maret 2008

Gedung Pendataan TKI Pindah ke Selapajang

Gedung Pendataan TKI Pindah ke Selapajang
TANGERANG (SINDO)-Departemen Tenaga Kerja dan Transmigrasi secara resmi memindahkan tempat pendataan pemulangan TKI dari Terminal III Bandara Soekarno-Hatta ke wilayah Selapajang, Kota Tangerang, kemarin.

Menurut Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Eman Suparno mengatakan, dengan pemindahan gedung pendataan dan pemulangan ke lokasi yang baru itu membuktikan komitmen pemerintah terhadap peningkatan pelayanan terhadap TKI. “Selaku menteri yang membidangi ini, saya mengharapkan di gedung ini jangan ada lagi pemerasan dan penekanan terhadap pahlawan devisa, yakni TKI,” ucap Eman.

Eman juga mengatakan, seluruhnya harus tertib dan mengikuti prosedur yang sudah ditetapkan pada aturan pemulangan. Pertama, untuk TKI mereka harus memilih perusahaan yang resmi. Kedua, lanjutnya, untuk jasa penjemputan harus professional, dan ketiga birokrasi pengurusan harus melayani dengan arif. “Jika tiga unsur ini dipenuhi, pasti dapat meminimalisir permasalahan,” katanya.

Ditanya soal lokasi gedung pendataan pemulangan TKI itu yang jauh dari bandara, Eman mengaku tidak ada diskriminasi. Lokasi gedung di sini telah dikaji, baik oleh Angkasa Pura II dan Bandan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI). “Jangan bicara diskriminasi, saya kira itu tidak ada,” katanya.

Kepala BNP2TKI Jumhur Hidayat mengatakan, pada gedung baru seluas tiga hektare ini memiliki daya tampung sebanyak 2.000 orang. Itu, kata dia, belum termasuk pekerja yang melayani TKI. “Sedangakan setiap harinya TKI yang datang ke sini 800-900 orang. Ini jelas lebih leluasa dari gedung sebelumnya,” katanya. Saat ditanya berapa lama ideal TKI berada di gedung pendataan pemulangan itu, Jumhur mengatakan 3-4 Jam. Namun saat menteri berkunjung ke lokasi peristirahatan TKI di gedung itu, ditemukan sejumlah TKI yang menginap 1-2 hari. “Dia sedang menunggu harga tiket murah,” kilah Jumhur.

Gubernur Banten Ratu Atut Chosiyah mengatakan, dirinya berharap TKI tidak lagi mendapat tekanan.”Jangan ada tekanan lagi di sini,” katanya.

Berdasarkan data dari Departemen Tenaga Kerja dan Transmigrasi, gedung dan prasarana jalan di Selapajang itu menghabiskan dana sebesar Rp83,5 miliar. Fasilitas didalamnya terdapat ruang antri pendataan, ruang penyimpanan barang TKI, ruang operator angkutan, ruang pelayanan perjalanan, ruang pelayanan kesehatan, ruang pelayanan aduan, ruang tidur transit TKI, kantor bank, mushola, kantin, Wartel serta lahan parker berkapasitas 200 kendaraan.

Namun pantaun SINDO gedung itu belum dilengkapi Pos Polisi, tidak seperti di Terminal III sebelumnya. Selain itu, gedung itu terlihat lebih dekat ke perkampungan, jauh dari bandara. (denny irawan)

puteriku

puteriku
Meidin Nazma Luthfiny

------tentang saya-------------

Foto saya
Saya adalah anak pertama dari tiga orang bersaudara,yakni Devie Indriyanti dan Galang Syifa Rachmadi. Orang tua saya berasal dari Jawa Barat tepatnya Sumedang. Ayah Saya bernama Chasli Sutisna dan Bunda saya Siti Nurjamilah. Sedangkan Istri tercinta bernama Revieta.

Albert Einstein

Albert Einstein
Albert Einstein (14 Maret 1879–18 April 1955) adalah seorang ilmuwan fisika teoretis yang dipandang luas sebagai ilmuwan terbesar dalam abad ke-20. Dia mengemukakan teori relativitas dan juga banyak menyumbang bagi pengembangan mekanika kuantum, mekanika statistik, dan kosmologi. Dia dianugerahi Penghargaan Nobel dalam Fisika pada tahun 1921 untuk penjelasannya tentang efek fotoelektrik dan "pengabdiannya bagi Fisika Teoretis".

-

Selamat Datang di Blog Denny Irawan

Arsip Blog